Mengenal Meta Tag HTML

Mengenal Meta Tag HTML - Setiap bisnis ingin menjangkau audiens internasional dan memperluas kehadiran online-nya. SEO adalah cara yang tepat untuk memperluas jangkauan bisnis untuk menargetkan pasar luar negeri. Namun, ada banyak elemen tambahan yang perlu Anda pertimbangkan untuk menerapkan SEO yang sukses. Salah satu fase paling mendasar untuk penargetan internasional adalah mengoptimalkan situs web untuk memastikannya dapat dirayapi, diindeks, dan ditemukan oleh mesin pencari dan pengunjung. Saat Anda memutuskan untuk menargetkan pasar luar negeri berdasarkan bahasanya, Anda harus menentukan bahasa untuk mesin telusur menggunakan Meta Tag HTML. Dalam posting ini, kami membahas secara rinci tentang deklarasi bahasa untuk menerapkan teknik SEO secara efektif.

Meta Tag HTML


Meta Tag HTML – Mengapa Ini Penting?

Dalam HTML, deklarasi bahasa adalah atribut yang digunakan untuk menyatakan bahasa konten halaman. Tag bahasa meta dapat digunakan di bagian kepala dokumen untuk menyematkan lokasi dokumen. Disarankan untuk menggunakan kode bahasa ISO 639-1 saat menentukan konten tag lang. Untuk bahasa Inggris, sepertinya:

<html lang = “en”>…</html>

Sedangkan untuk bahasa Perancis, tampilannya seperti ini:

<html lang =”fr”>…</html>

Atribut ini digunakan oleh berbagai program dan mesin pencari untuk mencari tahu dalam bahasa apa halaman itu ditulis. Mesin pencari menggunakan nilai ini untuk menyajikan konten yang tepat kepada pengguna yang tepat. Saat Anda membuat versi internasional halaman web Anda untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda ke pasar luar negeri, Anda perlu memastikan beberapa hal. Terlepas dari kemampuan indeks, crawlabilitas, dan relevansi halaman, penting juga untuk mengarahkan pengunjung ke halaman yang paling relevan tergantung pada pengaturan lokasi atau bahasa mereka yang dapat Anda deteksi melalui pengaturan browser. Meskipun ini mungkin tidak selalu berhasil, ada baiknya memvalidasi bahwa semua versi internasional Anda sedang dirayapi dan diindeks oleh mesin telusur sehingga pengguna dialihkan dengan benar ke versi yang paling sesuai. Memanfaatkan HTML Meta Language Tag, Anda dapat menentukan bahasa untuk setiap halaman konten Anda sehingga mesin pencari dapat mengidentifikasi penargetan bahasa halaman dengan benar dan selalu menampilkan versi yang tepat dari versi halaman Anda kepada pengguna yang relevan.

Menentukan bahasa menggunakan tag meta ini penting untuk:

  • Konversi teks ke ucapan (ketika pengguna berbicara bahasa Prancis Kanada dan bukan bahasa Prancis)
  • Mengidentifikasi font yang tepat untuk ditampilkan
  • Memilih kamus yang tepat untuk pemeriksaan ejaan dalam formulir browser (penggunaan bahasa Inggris UK dan bukan bahasa Inggris AS)
  • Render halaman yang benar – mengirimkan halaman dalam bahasa yang paling alami

Informasi ini digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan halaman mana yang harus disertakan dalam hasil pencarian yang diminta oleh pengguna dari berbagai negara berdasarkan bahasa pilihan mereka. Ini memastikan bahwa semua versi halaman Anda ditampilkan secara efektif dan disajikan kepada pengunjung target, meningkatkan efektivitas Pakar SEO internasional untuk mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan kehadiran online sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna.

Meta Tag & Dampaknya Terhadap SEO

Jika Anda menargetkan lokasi dengan bahasa selain bahasa Inggris dan Anda memutuskan untuk menargetkan negara berdasarkan bahasa yang digunakan, penting untuk memberi tahu mesin telusur bahasa apa yang Anda targetkan. Anda harus mencari tahu bahasa apa yang digunakan oleh penutur asli negara tertentu dan menerjemahkan halaman web ke bahasa itu. Anda dapat memberi tahu mesin telusur tentang bahasa dan lokasi yang Anda targetkan dengan menggunakan atribut hreflang atau tag bahasa meta. Bit kode ini menunjukkan bahasa konten halaman Anda tersedia. Sementara Google menggunakan atribut hreflang untuk mengidentifikasi bahasa konten dan menyajikan konten yang tepat kepada pengguna, mesin pencari lain seperti Baidu dan Bing menggunakan tag bahasa meta untuk menyajikan konten dalam bahasa yang sesuai untuk pengguna. Tag meta ini mungkin tidak membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web. Tujuannya adalah untuk membuat konten yang paling sesuai tersedia bagi pengunjung. Ini membantu mesin pencari menukar versi halaman web yang benar ke dalam SERP berdasarkan preferensi bahasa dan lokasi pengguna. Penargetan berbasis bahasa seperti itu dapat memengaruhi peringkat dan membantu Anda mencapai SEO internasional yang sukses.

Konten Bahasa Konten En US

Mesin pencari tertentu seperti Bing tidak mendukung atribut hreflang yang digunakan saat situs web ditargetkan ke pasar internasional. Dalam kasus seperti itu, atribut bahasa konten digunakan untuk membantu mesin pencari menentukan bahasa yang ditargetkan. Di bagian kepala halaman, elemen <meta> dengan atribut http-equiv=”content-language” menentukan bahasa halaman.

Berikut adalah contoh kode untuk deklarasi ini:


<head>

<meta http-equiv=”content-language” content=”en-us”/>

</head>


Atribut 'content' mencakup kode bahasa ISO 639 2 huruf diikuti dengan tanda hubung dan kode geografi ISO 3166 yang relevan. Contoh en-us: Inggris Raya, Amerika Serikat

de-at: Jerman, Austria

es-ar: Spanyol, Argentina

de-de: Jerman, Jerman

Meskipun Google melaporkan tag meta ini sudah usang, Bing masih mengenalinya untuk memahami bahasa dan audiens target halaman web. Inilah mengapa sebaiknya menerapkan tag ini di bagian atas laman menggunakan kode bahasa yang sesuai.

Kami harap panduan Tag Meta HTML ini membantu Anda mengidentifikasi potensi SEO website Anda dan sekarang Anda dapat menggunakan atribut ini dengan cara yang benar untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Anda dapat membagikan pengalaman dan saran Anda di bagian komentar di bawah ini.

No comments for "Mengenal Meta Tag HTML"

Daftar Isi