UMKM berbasis teknologi infomasi

Di negara yang sedang berkembang seperti Republik Indonesia kita tercinta ini, sektor industri usaha kecil & menengah (UKM) adalah salah satu tulang punggung ekonomi negara. Pertumbuhan UKM yang meningkat 6% setiap tahun mendorong bangkitnya semangat UKM indonesia, termasuk instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang kerap melakukan pembinaan serta pendampingan usaha. 

Walaupun begitu, dalam perkembangannya tentu takkan lepas dari masalah. Permasalahan yang umum ditemui adalah banyak dari pelaku usaha masih malas untuk mengenal teknologi internet dengan tujuan mengembangkan usahanya. Padahal dengan memanfaatkan internet, teknologi yang semakin berkembang pesat, sosial media dan informasi yang semakin mudah untuk dijangkau serta digunakan bahkan untuk orang awam atau yang tidak mengerti tentang teknologi sekalipun. 



Masyarakat Indonesia seperti diketahui memiliki kreativitas yang sangat beragam, hal itu sangat berpotensi membangun UKM yang memiliki daya saing tinggi. Ada saatnya sebagian orang tidak tahu cara membangun image sebuah produk agar menjadi dikenal dan mempunyai potensi pasar yang luas dengan memanfaatkan teknologi internet. Kondisi tersebut adalah kesempatan yang saat ini dimanfatkan oleh para penggiat teknologi yang turut ikut andil dalam membantu para pelaku UKM mengadaptasi layanan berdasarkan teknologi untuk menjalankan pemasaran/marketing secara online, sehingga dari hal ini akan sanggup menciptakan berbagai peluang baru yang sangat menguntungkan. 

Sebagai salah satu contohnya, jika pelaku UKM memiliki produk sebuah kerajinan tangan yang unik, Mereka bisa menjualnya secara online guna menjangkau dan menjaring lebih banyak pelanggan seperti contohnya dengan memanfaatkan banyak layanan marketplace yang sedang populer seperti; Tokopedia, Shoope, Lazada dan Elevenia yang fokus pada layanan jual beli kerajinan tangan. Pelaku usaha tidak perlu mengerti bahasa pemrograman untuk membuat sebuah situs penjualan, banyak startup lokal yang menyediakan layanan jasa pembuatan website dengan harga yang variatif. Dengan begitu, para pelaku UKM cukup fokus saja pada produksinya. Dengan melihat manfaat yang bisa didapatkan karena memiliki toko online, tentu saja memberikan tugas baru bagi para pelaku usaha yang masih asing dengan industri ini. Ada baiknya jika para pelaku usaha memiliki sedikit pengetahuan dasar tentang SEO (Search Engine Optimizer), keyword, backlink, dan sebagainya. 

Karena mempelajari teknologi informasi di masa kini bukanlah sesuatu yang percuma, langkah tersebut diharapkan oleh instansi pemerintah demi menghadapi era pasar bebas. Walaupun demikian, perusahaan jasa pembuatan website dan layanan digital lainnya dapat memberikan solusi untuk memacu bisnis digital para pelaku UKM dengan menyediakan layanan advertising yang profesional. Pertumbuhan yang positif di industri ini jelas memberi prospek yang menjanjikan. 

2 comments for "UMKM berbasis teknologi infomasi"

  1. untuk mendorong bangkitnya semnagat UKM Indonesia harus didukung oleh peran serta pemerintah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju, UKM merupakan program pemerintah yang sangat bagus menurut saya..

      Delete

Post a Comment